Apa itu Target ROAS & Cara Menggunakannya dengan Benar di Tahun 2023
Diterbitkan: 2023-09-08Gambar milik Meja Bundar Mesin Pencari
Apa itu Target ROAS?
Jenis strategi penawaran otomatis manakah yang merupakan target laba atas belanja iklan (ROAS) dan apa sebenarnya Target ROAS itu?
Target ROAS, atau 'target laba atas belanja iklan', adalah salah satu strategi penawaran cerdas yang tersedia untuk digunakan di Google Ads. Penawaran pintar menggunakan AI dan pembelajaran mesin untuk mengelola tawaran atas nama pengiklan, mengoptimalkan kampanye untuk konversi atau nilai konversi.
Ada empat strategi smart bidding secara total dan pemilihan strategi yang tepat bergantung pada tujuan kampanye Google Ads Anda:
Objektif | Strategi penawaran cerdas |
Meningkatkan penjualan dan prospek |
|
Meningkatkan pendapatan dan keuntungan |
|
Jika tujuan Anda adalah meningkatkan pendapatan dan laba, penawaran ROAS akan menjadi pilihan terbaik. Namun, ada variabel lain yang perlu dipertimbangkan sebelum beralih ke Target ROAS.
Target BPA vs Target ROAS
Target ROAS dan Target CPA sangat mirip dalam cara pengoperasiannya karena keduanya dianggap sebagai strategi penawaran lanjutan dan keduanya terbukti efektif untuk akun yang berfokus pada konversi. Namun apa perbedaan utama antara Target CPA vs Target ROAS?
Target CPA akan bekerja untuk menghasilkan jumlah konversi maksimum menggunakan anggaran kampanye serta mempertimbangkan target biaya per tindakan yang diinginkan, yang dipilih oleh pengiklan. Misalnya, jika pengiklan telah memilih Target CPA sebesar $20, Google akan menyesuaikan tawaran untuk mendorong konversi dan berupaya mencapai Target CPA tersebut.
Tawaran ROAS bekerja secara berbeda dengan menghasilkan jumlah nilai konversi maksimum dan memperhitungkan laba atas belanja iklan yang diinginkan seperti yang dipilih oleh pengiklan.
Pengiklan harus memasukkan Target ROAS sebagai persentase menggunakan rumus berikut.
Nilai konversi pembelanjaan iklan x 100% = persentase Target ROAS
Misalnya, jika sebuah bisnis membelanjakan $200 dan menghasilkan pendapatan (atau nilai konversi) sebesar $1.000, maka ROAS-nya adalah 500%.
$1.000 200 x 100% = 500%
Ada baiknya untuk melakukan perhitungan mundur dengan menentukan berapa banyak ROAS yang dibutuhkan bisnis agar menghasilkan keuntungan. Pernyataan di atas pada dasarnya menyatakan bahwa bisnis perlu menghasilkan $5 untuk setiap $1 yang dibelanjakan di Google Ads.
Seperti halnya Target CPA, Google Ads menetapkan tawaran untuk mencapai laba atas belanja iklan (ROAS) yang diinginkan untuk kampanye.
Mencapai biaya per tindakan atau laba atas belanja iklan yang diinginkan bukanlah jaminan karena beberapa konversi akan lebih tinggi dan beberapa lebih rendah. Itu ada untuk memberi Google beberapa panduan. Misalnya, menetapkan target yang terlalu rendah dapat mengakibatkan terbatasnya penyampaian kampanye.
Siapa yang sebaiknya menggunakan Target ROAS?
Gunakan Target ROAS jika kampanye Google Shopping Anda secara langsung menghasilkan nilai konversi, yaitu jika konversi melacak penjualan dan pendapatan. Bisnis retail dan e-commerce online harus menggunakan penawaran ROAS jika nilainya dilacak di akun Google Ads mereka.
Jumlah data yang dilacak juga penting dan disarankan agar akun Google Ads memiliki minimal 15 konversi dalam 30 hari terakhir. Ini agar Google memiliki cukup data untuk melakukan optimasi secara efektif.
Siapa yang tidak boleh menggunakan Target ROAS?
Jika konversi yang Anda lacak tidak berbasis nilai, seperti unduhan eBuku atau brosur atau formulir pengambilan prospek, jangan gunakan tROAS. Sebaliknya, Maksimalkan Konversi dan/atau Target CPA akan lebih cocok dibandingkan pengoptimalan ROAS.
Jika akun Google Ads menghasilkan kurang dari 15 konversi dalam jangka waktu 30 hari maka saya tidak akan merekomendasikan penggunaan tROAS. Hal ini mencakup akun Google Ads kecil dengan pembelanjaan iklan rendah, produk bernilai tinggi dengan volume penjualan rendah, atau pembelian dengan jalur penjualan yang panjang karena konversi biasanya terjadi melalui saluran lain dan Google Ads adalah saluran corong yang lebih tinggi.
Dalam semua skenario ini, penggunaan Maksimalkan Nilai Konversi atau Maksimalkan Konversi kemungkinan akan menjadi strategi bidding terbaik.
Kembali ke Atas atau
Bagaimana cara menyiapkan Target ROAS untuk Google Belanja?
Untuk menyiapkan Target ROAS, pengiklan harus terlebih dahulu memastikan tindakan konversi yang digunakan untuk kampanye Google Shopping memiliki nilai yang ditetapkan padanya. Ada beberapa cara untuk melakukan pendekatan ini dan ini bergantung pada bagaimana masing-masing bisnis memberikan nilai pada sebuah konversi.
Pertama, klik 'Alat dan Pengaturan' lalu navigasikan ke 'Konversi'.
Selanjutnya, klik tindakan konversi utama yang nilainya harus ditetapkan. Anda kemudian akan memiliki dua pilihan.
- Gunakan nilai yang sama untuk setiap konversi - pilih opsi ini jika Anda ingin menetapkan nilai yang sama untuk setiap konversi, misalnya, jika prospek atau pembelian bernilai sama bagi bisnis.
- Gunakan nilai yang berbeda untuk setiap konversi - ini adalah pilihan paling populer untuk e-niaga karena produk yang berbeda memiliki harga yang berbeda pula sehingga tidak semuanya menghasilkan nilai konversi yang sama. Untuk menyiapkannya, Tag Google di situs web perlu diedit untuk melacak nilai konversi spesifik per transaksi .
Nilai konversi juga dapat diimpor dari sumber konversi. Misalnya, jika peristiwa konversi berasal dari GA4, pendapatan yang dilacak di GA4 akan memberikan nilai.
Pilih strategi penawaran tROAS
Setelah nilai konversi dilacak di akun Google Ads Anda dan akun tersebut mencapai minimal 15 konversi dalam jangka waktu 30 hari, ada satu pertimbangan terakhir yang perlu diingat.
Untuk sasaran konversi baru (atau yang baru saja diubah) yang kini mencatat nilai konversi, sebaiknya Anda menerapkan konversi ke kampanye dan menunggu enam minggu hingga kampanye mencatat nilai konversi. Hal ini dilakukan agar kampanye dapat mengambil pembelajaran dan juga memberikan indikasi kinerja kepada pengiklan.
Selama periode ini, gunakan Maksimalkan Nilai Konversi. Setelah periode enam minggu, buka setelan kampanye dan di bagian 'Penawaran', centang kotak 'Target ROAS'.
Google dapat memberikan Target ROAS yang direkomendasikan berdasarkan performa kampanye yang ada. Anda dapat mengikuti rekomendasi atau memasukkan tROAS yang Anda inginkan berdasarkan apa yang ingin Anda capai.
Jalur menuju Target ROAS dan Target CPA
Untuk bidding berbasis nilai konversi, memulai dengan Maksimalkan Nilai Konversi lalu beralih ke Maksimalkan Nilai Konversi dengan Target CPA adalah jalur menuju bidding ROAS. Ini adalah pendekatan yang direkomendasikan, dibandingkan langsung memulai dengan tROAS.
Hal yang sama berlaku untuk penawaran berbasis konversi, sehingga disarankan bagi pengiklan untuk memulai dengan Maksimalkan Konversi terlebih dahulu untuk memastikan jangka waktu pengumpulan data konversi dan terakhir beralih ke 'Maksimalkan Konversi Dengan Target CPA' setelah aliran data konversi dan kampanye stabil. telah mengumpulkan data dalam jumlah yang cukup.
Kembali ke Atas atau
5 Praktik Terbaik saat Menggunakan Target ROAS di Google Ads
Untuk memastikan tROAS akan bekerja secara efektif, ada beberapa praktik terbaik yang harus diikuti. Melakukan hal ini akan meningkatkan kinerja, memungkinkan Anda (dan Google) mengoptimalkan kampanye dan yang terpenting, memaksimalkan laba atas belanja iklan.
1: Pastikan pelacakan konversi akurat
Seperti kebanyakan hal terkait pemasaran digital, data adalah kunci kesuksesan. Ketika berbicara tentang strategi penawaran cerdas, pengukuran konversi dan nilai konversi yang akurat adalah hal yang mendasar. Selain akurat, data konversi juga harus konsisten dan dapat diandalkan.
Masalah pelacakan bisa menjadi hal yang umum, terutama untuk situs web besar dengan banyak inventaris, sehingga menghasilkan berbagai macam data yang tidak akurat atau tidak dapat diandalkan. Masalah seperti penghitungan ganda, pelaporan yang kurang, tidak mengukur keseluruhan corong, dan kegagalan melacak tindakan sekunder semuanya dapat merusak keakuratan data dan juga kampanye Anda.
Periksa dan pecahkan masalah pelacakan secara rutin untuk memastikan pelacakan sudah diatur dengan benar. Praktik yang baik adalah memverifikasi hal ini oleh pengembang yang bertanggung jawab atas situs web, bersama dengan menggunakan alat seperti ekstensi Chrome 'Asisten Tag untuk Konversi' dan mode pratinjau di Google Pengelola Tag. Melakukan konversi pengujian adalah cara cerdas lainnya untuk memastikan konversi tersebut dilacak dengan benar.
2: Kumpulkan data konversi yang memadai
Untuk memastikan strategi penawaran otomatis berfungsi secara optimal, data konversi yang cukup harus dikumpulkan sebelum menggunakan Target ROAS.
Strategi penawaran otomatis di Google Ads menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk mendukung pengoptimalan. Algoritme ini bergantung pada data konversi dan akan kesulitan untuk mengoptimalkannya tanpa data tersebut.
Secara sederhana, katakanlah sebuah akun memiliki 1.000 konversi dan setiap konversi memiliki nilai konversi yang ditetapkan padanya. Google Ads akan dapat menguraikan data ini, melihat perilaku pengguna menjelang setiap konversi, memperhitungkan jutaan sinyal niat, dan kemudian mengoptimalkan tawaran untuk menghasilkan lebih banyak konversi. Sebagai perbandingan, jika sebuah akun hanya memiliki 10 konversi, data yang ada tidak cukup bagi Google Ads untuk melakukan hal ini secara akurat dan efektif.
3: Tetapkan Target ROAS yang Realistis
Praktik terbaik kedua adalah menetapkan Target ROAS yang realistis. Ada dua elemen yang perlu diperhatikan saat mengaturnya:
- Membangun tROAS yang selaras dengan bisnis dan menguntungkan. Kampanye tersebut harus mampu memenuhi tujuan bisnis, jika tidak, kampanye dapat gagal mencapai pendapatan dan sasaran.
- Pertimbangkan kinerja historis dan terkini saat menetapkan tROAS. Pada dasarnya, ini adalah tindakan penyeimbangan antara tujuan bisnis dan kinerja aktual. tROAS harus dapat dicapai.
Misalnya, menetapkan Target ROAS sebesar 2.000% jika rata-rata laba atas belanja iklan di akun jauh lebih rendah dari angka ini tidak disarankan. Menetapkan Target ROAS yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kampanye tidak ditayangkan karena Google akan menganggap terlalu sulit untuk mencapai target dan menahan pembelanjaan.
Skenario lainnya adalah jika bisnis perlu menghasilkan 600% ROAS agar menguntungkan, namun kinerja sebenarnya mendekati 300%. Sekali lagi, penting bagi pengiklan untuk mempertimbangkan keduanya. Daripada menetapkan Target ROAS sebesar 600%, praktik terbaiknya adalah menetapkannya mendekati kinerja sebenarnya, misalnya 350%, lalu terus meningkatkan Target ROAS dari waktu ke waktu hingga Anda mencapai ROAS yang diinginkan.
4: Segmentasikan kampanye untuk meningkatkan kinerja
Target ROAS berfungsi paling baik pada kampanye yang produknya menghasilkan laba atas belanja iklan yang serupa. Oleh karena itu, segmentasi lebih lanjut adalah cara yang lebih canggih untuk mengoptimalkan laba atas belanja iklan yang lebih tinggi, terutama bagi pedagang yang menjual banyak produk yang semuanya menghasilkan ROAS yang bervariasi.
Bagilah kampanye Anda sehingga Anda memiliki beberapa kampanye dan grup iklan berdasarkan ROAS produk. Baik itu mengelompokkan kata kunci produk bersama-sama dalam grup iklan, atau dengan menggunakan label khusus di feed produk dan mengelompokkan produk berdasarkan ROAS.
Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda menetapkan Target ROAS yang berbeda untuk setiap grup produk. Misalnya, tangkapan layar di bawah menunjukkan bagaimana bisnis yang menjual barang konsumsi elektronik telah menyegmentasikan kampanye berdasarkan jenis produk, masing-masing dengan Target ROAS yang berbeda.
Pastikan pengoptimalan ROAS untuk setiap segmen didasarkan pada data, menggunakan data kinerja aktual, dan mempertimbangkan laba atas belanja iklan.
5: Siapkan eksperimen strategi penawaran
Untuk meminimalkan gangguan di Google Ads saat mengubah strategi bidding dan mendapatkan hasil maksimal dari pengoptimalan ROAS, sebaiknya siapkan eksperimen kampanye. Hal ini karena kampanye akan melalui masa pembelajaran setelah strategi penawaran diubah. Pertimbangkan eksperimen jika kinerjanya benar-benar bagus dan Anda khawatir tentang dampak perubahan strategi penawaran.
Misalnya, jika kampanye saat ini menggunakan Maksimalkan Nilai Konversi dan jumlah data yang dikumpulkan mencukupi, siapkan eksperimen strategi bidding yang menggunakan bid ROAS untuk sebagian traffic dan biarkan eksperimen berjalan selama jangka waktu tertentu. Setelah beberapa saat, Anda akan mendapatkan indikasi tentang performa Target ROAS dibandingkan dengan kampanye asli yang menggunakan Maksimalkan Nilai Konversi. Jika Target ROAS lebih baik daripada Maksimalkan Nilai Konversi, beralihlah sepenuhnya.
Cara lain untuk menggunakan eksperimen strategi bidding adalah dengan menguji berbagai persentase Target ROAS untuk melihat pengaruhnya terhadap performa. Misalnya, jika kampanye memiliki Target ROAS 200% dan Anda tertarik untuk meningkatkannya, daripada mengganggu kampanye utama, gunakan eksperimen untuk menguji ROAS 300% atau 400% dan ukur kinerjanya terlebih dahulu.
Kembali ke Atas atau
3 Studi Kasus di mana ROAS Google Shopping Meningkat
Studi Kasus 1: ROAS meningkat +46% dalam 3 bulan
Objektif
Retailer peralatan dapur premium yang berbasis di Swedia, KitchenLab, perlu mendorong pertumbuhan yang menguntungkan dengan meningkatkan pendapatan online, tanpa meningkatkan belanja iklan. KitchenLab dan pesaingnya menjual banyak produk yang sama, oleh karena itu tantangannya adalah menemukan produk yang paling menguntungkan untuk diiklankan di Google Shopping.
Larutan
Tindakan pertama yang dilakukan KitchenLab adalah meningkatkan kualitas feed produk menggunakan DataFeedWatch. Judul produk dioptimalkan untuk menyertakan nama merek, warna, ukuran, dan parameter relevan lainnya yang penting untuk pengalaman pengguna dan RKT. Kategori produk ditambahkan saat tidak ada di feed, atau ditingkatkan dengan menjadikannya lebih spesifik.
Kedua, dan yang terpenting, umpan produk dioptimalkan dengan memetakan margin produk dari berbagai kategori. Ini ditambahkan menggunakan label khusus di kolom internal DataFeedWatch. Artinya, pendapatan bersih sebenarnya dari penjualan digital dapat lebih dipahami, yang kemudian memungkinkan pengiklan memprioritaskan produk berdasarkan keuntungan.
Terakhir, struktur kampanye Google Shopping baru diterapkan, yang diprioritaskan berdasarkan label margin yang telah ditetapkan di feed.
Hasil
Setelah 3 tiga bulan bekerja dengan agensi digital baru mereka Keybroker, serta DatafeedWatch, KitchenLab mencapai hal berikut:
- Mengurangi biaya iklan sebesar -35% - dengan fokus pada produk yang paling menguntungkan
- Tingkatkan lalu lintas sebesar +18% - Relevansi judul/kategori Belanja yang lebih tinggi
- Mengurangi CPO sebesar -23% - Traffic lebih relevan
- Tingkatkan ROAS sebesar +46% - Lalu lintas yang lebih relevan dan biaya yang lebih rendah
Studi Kasus 2: ROAS meningkat +451% untuk iklan Google Shopping
Objektif
Pengecer Pengendalian Hama yang menjual produk dan perlengkapan pengendalian hama industri khusus mengalami penurunan pendapatan secara tiba-tiba dan signifikan dari Google Shopping pada bulan Maret, setelah berbulan-bulan memperoleh hasil yang memuaskan. Mereka menggunakan feed Content API yang membatasi pengelolaan dan kontrol feed. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kembali kinerja Google Shopping.
Larutan
Langkah pertama adalah mengganti feed API konten dan mengimplementasikan DataFeedWatch. Hal ini memungkinkan bisnis membuat dan mengelola feed Belanja dengan lebih banyak kontrol. Dengan menggunakan DataFeedWatch, Pengecer Pengendalian Hama dapat mengambil pendekatan strategis terhadap kategorisasi produk untuk setiap saluran, bersama dengan penggunaan aturan dan filter untuk mengecualikan produk dengan margin rendah dan tidak menguntungkan.
Hasil
Setelah feed baru yang dioptimalkan yang dibuat oleh DataFeedWatch diterapkan, kinerja meningkat secara drastis dan memberikan hasil yang solid untuk bisnis. Dengan menggunakan DataFeedWatch, kampanye Google Belanja menghasilkan peningkatan ROAS sebesar +451% secara keseluruhan.
Studi Kasus 3: ROAS meningkat +25% untuk kampanye Google Shopping merek fesyen
Objektif
Sebuah merek fesyen yang berbasis di NYC perlu meningkatkan ROAS kampanye Google Shopping-nya agar lebih menguntungkan secara online.
Judul belanja, yang terdiri dari berbagai komponen iklan , diawasi dengan cermat karena judul tersebut terlebih dahulu memuat nama merek produk, sehingga mengambil ruang berharga dalam judul yang memiliki karakter terbatas. Ada juga spekulasi bahwa kata kunci bermerek menerima sebagian besar tayangan karena ditampilkan pertama kali di iklan Google Belanja.
Larutan
Solusi yang jelas adalah dengan menjalankan eksperimen judul produk untuk memahami cara meningkatkan kinerja judul. Dengan menggunakan fungsi pengujian judul A/B DataFeedWatch, dua variasi judul produk diuji di seluruh kampanye Google Shopping.
Variasi A adalah iklan yang ada, yang mencantumkan nama merek di awal judul. Variasi B adalah eksperimen dimana nama merek dipindahkan ke akhir judul produk:
- Judul (Variasi A): [Nama Merek] [Gaya, Warna] Sepatu | Ukuran 9
- Judul (Variasi B): [Gaya, Warna] Sepatu kets oleh [Nama Merek] | Ukuran 9
Lalu lintas kemudian dibagi dan disajikan salah satu variasinya, tidak ada lagi yang diubah untuk mendapatkan hasil yang adil dan parameter unik dibuat sehingga hasilnya dapat dipantau langsung di Google Analytics.
Hasil
Setelah periode pengujian selama 30 hari, sehingga memberikan cukup waktu bagi eksperimen untuk keluar dari periode pembelajaran dan menghasilkan hasil yang signifikan secara statistik, sudah jelas ada pemenangnya. Manfaatkan penawaran ROAS pada kampanye belanja Anda dengan memanfaatkan pembelajaran mesin di Google Ads. Variabel B, yang nama mereknya dipindahkan ke akhir judul, mengalami penurunan rata-rata BPK sebesar -10% dan peningkatan ROAS sebesar +25%. RKT dan tingkat konversi juga meningkat.
Kembali ke Atas atau
Kesimpulan
Target ROAS adalah strategi penawaran lanjutan yang paling cocok untuk pengiklan e-niaga. Untuk memaksimalkan potensinya, ikuti lima praktik terbaik dalam artikel ini dan manfaatkan penawaran ROAS pada kampanye belanja Anda dengan memanfaatkan pembelajaran mesin di Google Ads.
Selain menggunakan strategi penawaran untuk mengoptimalkan kampanye Google Shopping Anda, pelajari cara menggunakan kata kunci negatif dan setelan prioritas di Google Shopping Anda untuk meningkatkan efektivitasnya.