Panduan PPC: 11 Metrik Utama untuk Memahami Data PPC Anda

Diterbitkan: 2023-09-01
Seseorang mempelajari data di laptop

Iklan bayar per klik (PPC) adalah alat pemasaran yang ampuh untuk mendatangkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web Anda. Mereka menargetkan konsumen yang secara aktif mencari produk atau layanan. Namun seperti upaya pemasaran lainnya, iklan PPC memerlukan pemantauan, analisis, dan pengoptimalan untuk memberikan hasil yang luar biasa.

Dalam panduan PPC ini, kami membahas 11 metrik utama yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan kampanye dan memaksimalkan anggaran iklan Anda. Kami juga akan membagikan beberapa tip PPC, jadi mari kita mulai!

Daftar isi

  • 1 1. Kesan
  • 2 2. Biaya per Seribu (BPS)
  • 3 3. Pangsa Tayangan
  • 4 4. Angka Mutu
  • 5 5. Klik
  • 6 6. Biaya per Klik (BPK)
  • 7 7. Rasio Klik-Tayang (RKT)
  • 8 8. Konversi
  • 9 9. Biaya per Konversi
  • 10 10. Tingkat Konversi
  • 11 11. Laba atas Belanja Iklan (ROAS)
  • 12 Kampanye PPC Berbasis Data untuk Sukses

1. Tayangan

Tayangan adalah berapa kali iklan Anda muncul di layar seseorang. Tidak diperlukan tindakan apa pun dari pihak pengguna, cukup melihat iklan saja sudah cukup untuk dihitung sebagai tayangan. Anda dapat melacak tayangan iklan Anda di dasbor analitik Anda.

Meskipun metrik ini tidak sepenting metrik lain yang disebutkan dalam panduan PPC ini, metrik ini tetap diperlukan untuk mengukur visibilitas iklan Anda. Misalnya, jika tayangan Anda rendah, ini menunjukkan bahwa iklan Anda tidak dilihat oleh audiens yang Anda tuju. Hal ini mungkin disebabkan oleh sejumlah alasan seperti audiens target Anda terlalu kecil atau kata kunci Anda terlalu spesifik pada niche yang menyebabkan volume pencarian rendah.

2. Biaya per Seribu (BPS)

Berikutnya dalam panduan metrik PPC kami adalah biaya per seribu. Juga dikenal sebagai biaya per seribu tayangan, CPM memberi tahu Anda berapa biaya untuk menampilkan iklan Anda 1.000 kali. Ini adalah metrik yang berguna untuk mengevaluasi kinerja iklan Anda dan membuat prediksi tentang berapa banyak anggaran yang Anda perlukan untuk meningkatkan visibilitas pemasaran dalam skala yang lebih besar.

Data CPM juga dapat ditemukan di dasbor Anda, tetapi berikut rumus sederhana untuk menghitungnya:

BPS = (Total Biaya / Total Tayangan) x 1.000

Misalnya, jika Anda membelanjakan $100 pada kampanye dan menerima 3000 tayangan, BPS Anda akan menjadi (100/3000)*1000 = $33,33.

3. Pangsa Tayangan

Pangsa tayangan adalah ukuran persentase tayangan pada iklan Anda. Ini memberi tahu Anda berapa banyak tayangan yang diperoleh iklan Anda dibandingkan dengan jumlah tayangan yang berhak diterimanya. Metrik ini penting untuk menganalisis seberapa sukses iklan Anda dalam bersaing mendapatkan perhatian dengan pesaing dan mencari tahu kesenjangan yang dapat Anda isi untuk memaksimalkan kinerja Anda. Anda juga dapat menemukan informasi tentang hilangnya pangsa tayangan karena anggaran dan peringkat iklan di dasbor Anda. Kami tidak akan membahasnya dalam panduan PPC ini, tetapi Anda dapat menggunakan dokumentasi Google untuk mendapatkan tip tentang metrik PPC ini.

Berikut rumus untuk menghitung pangsa tayangan Anda:

Pangsa tayangan = (Total Tayangan/Tayangan yang Memenuhi Syarat)*100

Misalnya, jika kata kunci yang Anda targetkan dicari 200 kali namun iklan Anda hanya muncul pada 50 pencarian tersebut, maka pangsa tayangan Anda adalah 25%.

4. Angka Mutu

Jika Anda menjalankan iklan penelusuran di Google, hal lain yang perlu diperhatikan adalah angka kualitasnya. Algoritme Google memperhitungkan jumlah tawaran Anda, kualitas laman landas, relevansi kata kunci, dan beberapa metrik seperti RKT yang disebutkan dalam panduan metrik PPC ini untuk menentukan di mana memposisikan iklan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Jika skor kualitas Anda tinggi, berarti iklan Anda akan ditampilkan kepada pengguna sebelum iklan pesaing Anda. Ini juga bisa berarti bahwa Google mengenakan biaya lebih sedikit per klik pada suatu istilah dibandingkan pesaing lain dengan skor kualitas lebih rendah. Anda dapat melihat skor kualitas di dasbor Anda. Menggunakan jenis iklan PPC lain yang skor kualitasnya tidak tersedia? Tip PPC kami adalah melacak metrik untuk pengalaman halaman arahan dan relevansi iklan.

5. Klik

Seseorang mengklik iklan belanja

Saat seseorang berinteraksi dengan iklan Anda dengan mengeklik gambar, tautan, atau bagian lain mana pun dari iklan, hal itu dihitung sebagai klik. Melacak klik diperlukan untuk memandu upaya PPC Anda ke arah yang benar karena ini akan membantu Anda menentukan apakah iklan Anda tepat sasaran dengan audiens yang Anda tuju atau tidak. Misalnya, jika iklan Anda menerima tayangan yang baik tetapi kliknya rendah, itu berarti Anda harus mengikuti praktik terbaik dan tips PPC untuk penargetan, kreativitas iklan, atau penyampaian pesan yang lebih baik.

Untuk melihat jumlah klik yang diterima iklan Anda, Anda harus membuka dasbor analitik dan melihat data di bawah 'Sasaran' dengan memilih iklan atau kampanye yang tepat.

6. Biaya per Klik (BPK)

Nomor enam dalam panduan metrik PPC kami adalah Biaya per Klik (BPK) yang memberi tahu Anda berapa banyak Anda membayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda. Metrik ini berubah bergantung pada daya saing kata kunci yang Anda targetkan. Misalnya, jika Anda menargetkan kata kunci dengan volume pencarian tinggi, kemungkinan besar Anda akan melihat BPK lebih tinggi dari standar karena Anda mencoba mengalahkan pesaing Anda.

Berikut rumus untuk menghitung biaya per klik Anda:

BPK = Total Biaya/Total Klik

Dengan memperhatikan keseluruhan BPK, Anda dapat menetapkan anggaran yang sesuai untuk mencapai hasil yang diinginkan dan mengetahui kapan Anda perlu mengganti iklan.

Tip PPC: Jika Anda ingin bersaing untuk kata kunci dengan volume pencarian tinggi, Anda juga dapat meningkatkan jumlah tawaran secara manual untuk meningkatkan visibilitas iklan Anda. Pelajari cara melakukan ini menggunakan panduan Google untuk penawaran PPC.

7. Rasio Klik-Tayang (RKT)

Rasio klik-tayang (RKT) adalah ukuran persentase klik yang Anda terima dibandingkan dengan berapa kali iklan Anda dilihat. Mengukur RKT memberi Anda wawasan yang lebih mendalam tentang kinerja iklan Anda dan seberapa relevan dan menarik iklan tersebut. RKT yang rendah berarti Anda menargetkan pemirsa yang salah atau iklan Anda tidak cukup menarik untuk menarik perhatian pemirsa.

Berikut cara mengukur RKT Anda:

RKT = (Total Klik/Total Tayangan)*100

Jika Anda memiliki RKT rendah, pastikan Anda menargetkan kata kunci yang tepat dan mulai menguji A/B pesan dan ajakan bertindak (CTA) Anda. Panduan PPC untuk pengujian A/B ini memiliki beberapa tips berguna untuk keberhasilan RKT PPC.

8. Konversi

Konversi adalah tujuan akhir yang Anda tetapkan untuk kampanye PPC Anda. Setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda dan melakukan tindakan yang Anda inginkan, hal ini dihitung sebagai konversi. Tindakan tersebut dapat berupa mendaftar untuk menerima buletin, mengikuti kuis, memesan panggilan, menambahkan sesuatu ke keranjang mereka, atau membeli produk. Anda akan melihat data konversi di dasbor analitik di bawah hasil jika Anda telah menetapkan sasaran yang diinginkan sebagai metrik konversi.

Kecuali Anda melacak metrik ini dari panduan PPC kami, tidak ada cara bagi Anda untuk mengetahui apakah iklan Anda berkinerja atau tidak dan apakah Anda mencapai sasaran yang Anda tetapkan sebelum memulai kampanye. Anda bisa mendapatkan banyak lalu lintas dan keterlibatan dengan hampir tidak ada konversi. Faktanya, hanya 2,3% kunjungan ke situs e-niaga yang menghasilkan konversi. Hanya dengan melacak metrik ini Anda dapat mengetahui cara menyempurnakan kata kunci, pesan, dan CTA Anda.

9. Biaya per Konversi

Biaya per konversi (jangan bingung dengan biaya per klik (BPK) yang dibahas sebelumnya dalam panduan PPC kami) memberi tahu Anda berapa banyak Anda membayar setiap kali konversi terjadi melalui iklan Anda. Ini adalah metrik penting untuk menilai seberapa hemat biaya iklan Anda dan apakah biaya yang timbul untuk mendapatkan pelanggan sejalan dengan profitabilitas jangka panjang. Penekanan pada “jangka panjang” karena Anda perlu memperhitungkan nilai umur pelanggan (CLV) untuk mengevaluasi apakah biaya per konversi yang lebih tinggi layak untuk dibayar.

Misalnya, jika Anda menjual sebungkus kopi seharga $35 dan Anda harus mengeluarkan biaya $20 untuk mendapatkan pelanggan, maka biaya tersebut akan sepadan jika pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap dan membeli dari Anda setiap bulan. Baca panduan anggaran PPC ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang penganggaran untuk kampanye Anda.

Berikut cara mengukur biaya per konversi:

Biaya Per Konversi = Total Biaya/Total Konversi

Saat Anda melacak BPK (biaya per klik), tip PPC kami adalah melacak biaya per prospek (CPL), yaitu berapa banyak yang Anda keluarkan untuk menarik prospek. Ini akan membantu Anda menilai dan dengan demikian mengurangi biaya untuk mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan.

10. Tingkat Konversi

Tingkat konversi adalah salah satu metrik terpenting dalam panduan PPC kami. Ini adalah ukuran persentase konversi yang terjadi terhadap jumlah upaya konversi yang dilakukan. Di sini, yang terakhir mengacu pada jumlah klik. Mengukur tingkat konversi memberi Anda gambaran yang lebih luas tentang konversi yang terjadi atau tidak terjadi dalam angka nyata dan nyata.

Berikut rumus untuk menghitung tingkat konversi Anda:

Tingkat konversi = (Total Konversi / Total Klik)*100

Gunakan rumus dari panduan PPC ini untuk menemukan tingkat konversi Anda dan mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang maksud pencarian audiens Anda dan kesiapan untuk melakukan pembelian. Anda akan dapat melihat berapa banyak peluang yang Anda lewatkan dan bagaimana membalikkan keadaan sehingga Anda dapat mencapai hasil maksimal.

11. Laba atas Belanja Iklan (ROAS)

Seseorang membaca data grafik pada tabel

Laba atas belanja iklan (ROAS) menunjukkan jumlah pendapatan yang Anda hasilkan dibandingkan dengan jumlah yang Anda investasikan pada iklan. Jika Anda membelanjakan $1000 untuk iklan dan menghasilkan $1200, total keuntungan Anda adalah $200, yang mungkin tidak terlalu menguntungkan jika Anda juga memperhitungkan total laba atas investasi (ROI) yang mencakup pengeluaran tambahan seperti biaya agensi , biaya produksi produk, logistik dan pengiriman, dll. Inilah mengapa penting untuk mengukur ROAS sehingga Anda tahu kapan Anda perlu memandu strategi PPC Anda ke arah yang berbeda.

Berikut rumus untuk menghitung laba atas belanja iklan Anda:

ROAS = (Total Pendapatan Iklan/Total Biaya Iklan)*100

Apa yang dianggap sebagai ROAS yang baik? Seperti halnya BPK, menentukan apakah ROAS Anda baik atau buruk akan bergantung pada seberapa besar Anda bersedia menerima imbalan melalui iklan guna memperoleh pelanggan baru. Jika Anda yakin pelanggan baru Anda akan kembali untuk membeli lebih banyak produk, mencapai titik impas dengan ROAS saja mungkin sudah cukup.

Kampanye PPC Berbasis Data untuk Sukses

Dengan 8,5 miliar pencarian per hari, iklan berbayar dapat menjadi pengubah permainan untuk bisnis Anda dan dengan panduan PPC kami, Anda kini dilengkapi dengan pengetahuan untuk memecahkan kode data Anda dan membuat keputusan berdasarkan angka pasti. Jika metrik Anda menunjukkan bahwa Anda perlu menyesuaikan kembali strategi Anda secepatnya tetapi Anda tidak yakin perubahan apa yang harus dilakukan untuk mendorong hasil yang lebih baik, jangan ragu untuk menghubungi para ahli di Coalition Technologies untuk mendapatkan panduan.

Kami telah membantu ribuan klien kami menghasilkan jutaan pendapatan melalui strategi pemasaran PPC berbasis data serta tip dan panduan PPC, jadi kami akan dengan senang hati meninjau upaya Anda dan memberikan masukan kami. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan ulasan strategi gratis!