Model Bisnis Netflix: Unicorn Kuat senilai $20 miliar

Diterbitkan: 2020-03-01

Model bisnis Netflix sedang direplikasi oleh para pesaing. Seberapa baik posisi Netflix untuk menangkis pesaing dan apakah Netflix akan terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat?

Kami akan memeriksa model bisnis Netflix dan memeriksa beberapa keuangan utamanya.

Mari bersama dengan latar belakang Netflix dan bagaimana tumbuh menjadi pemain global yang dominan di sektor streaming video.

Produk dan layanan: Video Sesuai Permintaan,
Pesaing Perusahaan: Amazon Prime Video, Apple TV+, Disney+, HBO, Hulu, Vevo, YouTube

Model bisnis Netflix adalah platform yang menawarkan streaming video berdasarkan permintaan dengan biaya berlangganan. Kaitan awal adalah menawarkan kepada orang-orang satu bulan gratis sebagai masa percobaan atau baru-baru ini Netflix dibundel dengan paket seluler.

Netflix menawarkan tampilan non-linear. Tampilan linier adalah istilah yang digunakan untuk menonton konten pada saat siaran. Non-linera pada dasarnya adalah tampilan sesuai permintaan.

Netflix bersaing di pasar video-on-demand berlangganan. Ikhtisar singkat akan membantu Anda memahami beberapa tren yang membentuk model bisnis Netflix dan kinerjanya.

Daftar isi

Pasar Video-On-Demand Berlangganan

Subscription video-on-demand (SVoD) meningkat secara global dan tren ini akan membantu Netflix.

Ada tren kuat untuk streaming video-on-demand, sebagai contoh 48% dari semua konsumen Amerika Serikat mengalirkan konten televisi setiap hari atau minggu.

Dengan pemain seperti Netflix merilis seri lengkap sekaligus juga meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan di platform mereka – disebut sebagai binge-watching.

tokoh streaming video Deloitte
angka streaming video – Deloitte

Terlepas dari tren, ada perbedaan regional yang signifikan, seringkali sebagai akibat dari teknologi dan bandwidth yang tersedia.

Model Bisnis Netflix: Unicorn Kuat senilai $20 miliar
Waktu yang dihabiskan orang-orang di Netflix setiap hari terus bertambah—tetapi pangsa Netflix dari waktu video harian AS mencapai puncaknya pada tahun 2019 sebesar 27,0% dan akan menurun menjadi 25,7% pada tahun 2021.

Tantangan utama bagi Netflix di pasar AS dan Kanada yang saat ini merupakan pasar terbesar. Pendatang baru seperti Disney mungkin bisa mengikis pangsa pasar.

tingkat pertumbuhan video sesuai permintaan
Sumber tingkat pertumbuhan video-on-demand perkiraan – Kecerdasan Mordor

Menurut Mondor Intelligence, Video on Demand Market bernilai USD 56,55 miliar pada 2019 dan diperkirakan akan mencapai USD 120,91 miliar pada 2025 , dengan CAGR 13,5% selama periode perkiraan 2020 – 2025.

Jika Netflix hanya mempertahankan pangsa pasarnya saat ini, Netflix akan tumbuh sebesar 13,5% berdasarkan pengguna baru . Ini adalah angka penting untuk diingat ketika kita melihat kinerja keuangan mereka.

Statistik NetFlix – Fakta Singkat

  • Netflix didirikan pada tahun 1997.
  • Perusahaan mulai menawarkan layanan DVD-by-mail berbasis langganan pada tahun 1999.
  • Netflix memecahkan 4 juta pelanggan pada tahun 2005.
  • Netflix meluncurkan streaming video online pada tahun 2007.
  • Pada tahun 2009, Netflix mendarat di PS3 dan TV pintar.
  • Pada tahun 2013, Netflix meluncurkan tiga seri orisinal pertamanya, House of Cards , Hemlock Grove , dan Orange is the New Black .
  • Netflix memiliki lebih dari 167 juta pada akhir 2019.
  • Netflix menghasilkan pendapatan lebih dari $20 Miliar pada tahun 2019.
  • Netflix melanjutkan perjalanannya di seluruh dunia pada tahun 2015, akhirnya meluncurkan layanannya di Australia, Selandia Baru, Jepang, dan lokasi lainnya.
  • Pada 2016, Netflix tersedia di seluruh dunia kecuali untuk beberapa negara tertentu.
  • Pada tahun 2017, Netflix memenangkan Oscar pertamanya. Konten asli layanan The White Helmets menang dalam kategori Subjek Pendek Dokumenter Terbaik.
  • Pada 2018, Netflix secara resmi mengalahkan HBO selama 17 tahun dalam nominasi Emmy.

Dari model bisnis sewa berbayar DVD hingga Streaming Sesuai Permintaan

Hari ini kami menerima begitu saja model bisnis Netflix berdasarkan permintaan. Namun perjalanan Netflix dimulai kembali pada tahun 1997. Reed Hastings dan Marc Randolph mulai menawarkan persewaan video sebagai layanan melalui internet dan kemudian mengirimkan DVD.

Namun, dalam dua tahun Netflix beralih ke langganan bulanan yang memungkinkan pelanggan mengakses persewaan DVD dalam jumlah tak terbatas.

Seiring dengan pertumbuhan bandwidth internet, Netflix melihat peluang untuk mengubah model bisnisnya dan menawarkan streaming video. Setelah melakukan investasi yang signifikan dalam pengembangan platform, mereka dapat meluncurkan layanan streaming mereka pada tahun 2007.

Saat ini, Netflix memiliki lebih dari 167 juta pelanggan (Q4 2019) yang dilaporkan di 190 negara.

Peta Model Bisnis Netflix
Peta Model Bisnis Netflix

Kanvas Model Bisnis Netflix

Cara lain untuk melihat model bisnis Netflix adalah dengan menggunakan kanvas model bisnis yang sekarang terkenal. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan kanvas model bisnis, ikuti tautannya.

Kanvas Model Bisnis Netflix
Kanvas Model Bisnis Netflix

Model bisnis Netflix didasarkan pada perolehan dan produksi konten dan kemudian mendistribusikannya melalui platformnya. Apa yang membuatnya begitu menarik adalah ia menawarkan tampilan konten dan juga personalisasi sesuai permintaan.

Netflix memanfaatkan kekuatan model bisnis berlangganan untuk mendapatkan pendapatan reguler dan berulang.

Mitra Utama

  • Investor – kisaran investor yang menyediakan akses ke uang.
  • Produser media – produsen media yang kemudian melisensikan konten ke Netflix.
  • Serikat pembuat film – Sutradara, aktor, penulis, dan serikat/serikat mereka adalah beberapa pemain paling kuat di industri film (AS).
  • Bioskop dan teater – tren baru dan mungkin menarik.
  • Jaringan TV – yang melisensikan IP mereka ke Netflix untuk pembuatan konten mereka sendiri.
  • Produsen elektronik konsumen – yang menggabungkan Netflix dengan sistem mereka, misalnya Sony Playstation.
  • Amazon AWS – Seluruh platform teknologi Netflix dihosting di Amazon AWS.
  • Regulator – Kebijakan Komisi Komunikasi Federal (FCC), khususnya tentang topik netralitas bersih dapat memiliki pengaruh penting pada Netflix.

Kegiatan utama

  • R&D Teknologi – Karena teknologi terus berubah, Netflix perlu terus berinvestasi dan memperbarui tumpukan teknologinya.
  • Lisensi konten – Agar tetap relevan dan menarik 2000 segmen mikro, Netflix perlu terus memilih dan membeli konten.
  • Produksi konten – Sejak 2013 Netflix telah memproduksi kontennya sendiri – Netflix original.
  • Distribusi konten – pengoptimalan streaming video di seluruh dunia.
  • Analisis data – analisis untuk terus-menerus memahami perilaku pelanggan guna meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan karenanya mengurangi churn.
  • Penjualan dan pemasaran – untuk menumbuhkan pelanggan dengan biaya serendah mungkin tetapi mengoptimalkan dengan kecocokan pelanggan yang tepat – untuk memaksimalkan CLV.

Sumber kunci

  • Merek – mereka berada di peringkat 100 merek global teratas.
  • Aplikasi/Situs Web – saluran utama untuk pengiriman konten.
  • Platform – analitik dan sistem keseluruhan untuk pengiriman, personalisasi pelanggan, dan streaming.
  • Karyawan – staf umum ditambah staf teknis yang memelihara platform dan mengembangkannya.
  • Pembuat film/produser – hubungan mereka dengan penulis dan produser terkemuka.
  • Hadiah/Penghargaan – nominasi membantu mempromosikan konten mereka ke audiens global.
  • Pustaka konten – katalog konten yang sangat banyak. Konten mereka sendiri dapat dilisensikan di masa mendatang.
  • Studios: Netflix membuat studionya sendiri dan mendukung pembuatan kontennya.

Proposisi Nilai

  • Pustaka konten – akses ke pustaka konten yang sangat besar untuk memenuhi semua kebutuhan.
  • Streaming sesuai permintaan – kapan saja, streaming perangkat apa pun.
  • Binge Watch – tonton seluruh musim sekaligus.
  • Konten asli – misalnya The Witcher.
  • Lokalisasi – Konten lokal asli serta konten berlisensi.
  • Uji coba satu bulan gratis – uji coba gratis tanpa batasan.
  • Harga bulanan rendah – ini tergantung pada ekonomi masing-masing Negara (lihat nanti).
  • Personalisasi – buat daftar dan dapatkan juga rekomendasi.

Hubungan konsumen

  • Layanan mandiri – pelanggan mengakses layanan melalui aplikasi.
  • Personalisasi – konten dan daftar yang disesuaikan.
  • Dukungan pengguna – melalui obrolan langsung, email, atau panggilan.

saluran

  • Perangkat apa pun
  • Aplikasi Netflix
  • Humas/Dari Mulut ke Mulut
  • Iklan online
  • Iklan Offline
  • Media sosial

Aliran Pendapatan

  • Model Berlangganan – sumber pendapatan utama untuk Netflix.
  • Penempatan Produk – pendapatan marjinal tidak signifikan.
  • Penyewaan DVD – masih merupakan aliran pendapatan tetapi menjadi kurang penting.
  • Lisensi konten sendiri – kemungkinan pendapatan di masa depan.
  • Iklan – kemungkinan pendapatan di masa depan.

Struktur Biaya

  • Penelitian dan Pengembangan – biaya penelitian, paten, dan pengembangan.
  • Pembelian Konten – amortisasi konten – biaya terbesar dalam model bisnis Netflix.
  • Produksi Konten – biaya pendanaan konten baru (sama seperti di atas).
  • Infrastruktur – gedung, Amazon AWS, dan teknologi.
  • Pemasaran – biaya yang terkait dengan keseluruhan pemasaran dan biaya akuisisi pelanggan.
  • Biaya Pemrosesan Pembayaran – biaya pihak ketiga.
  • Umum / Admin – Biaya umum yang terkait dengan bisnis.
  • Karyawan – staf.

Segmen pelanggan

  • Segmentasi mikro – 2000 kelompok rasa.
  • Segmentasi penggunaan – layar yang digunakan, di mana digunakan, seberapa sering digunakan, kapan…
  • Segmentasi geografis – digunakan untuk penargetan iklan, pelokalan konten.

mitra Tingkatkan Langganan Netflix

Untuk meningkatkan bagian mitra dari model bisnis Netflix, Netflix telah memperluas kemitraan untuk memasukkan kabel, internet rumah, dan operator seluler. Tujuan dari kemitraan ini adalah untuk meningkatkan penyerapan langganan.

Diperkirakan bahwa kemitraan Netflix AS menambah sekitar 1,2 juta pelanggan domestik per tahun menurut sebuah laporan oleh Barclays.

Pelanggan yang menggunakan dua atau lebih saluran telepon pada paket data tak terbatas mereka berhak menerima langganan Netflix gratis.

Di luar kesepakatannya dengan T-Mobile dan Comcast, Netflix juga memiliki peluang untuk membuat lebih banyak kesepakatan bundling dengan distributor TV berbayar.

Model bisnis kami berbasis langganan, bukan model yang menghasilkan pendapatan pada tingkat judul tertentu. Oleh karena itu, aset konten, baik yang dilisensikan maupun diproduksi, ditelaah secara agregat pada tingkat segmen operasi ketika suatu peristiwa atau perubahan keadaan mengindikasikan perubahan dalam kegunaan yang diharapkan.

Netflix
How Netflix Makes Money
Bagaimana Netflix Menghasilkan Uang – Model Bisnis Netflix

sumber pendapatan Netflix – Biaya Keanggotaan Bulanan

Satu-satunya sumber pendapatan adalah langganan. Netflix menawarkan tiga paket berbeda untuk pengguna berdasarkan kualitas streaming konten yang disediakan:
Dasar – konten dapat dialirkan dalam Definisi Standar.
Standar – konten dapat dialirkan dalam Definisi Tinggi.
Premium – konten dapat dialirkan dalam Definisi Ultra Tinggi.
Biaya rencana ini berbeda di berbagai negara.

Netflix terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat di semua wilayah tetapi ada kekhawatiran atas pasar AS dan potensi Netflix untuk tumbuh lebih jauh. Kekhawatiran melibatkan biaya akuisisi pelanggan yang lebih berat di AS dan juga persaingan yang lebih ketat dari Disney+, Amazon Prime, dan HBO.

Model bisnis Netflix – Investasi konten

Kami memperoleh, melisensikan, dan memproduksi konten, termasuk program asli, untuk menawarkan kepada anggota kami tayangan acara TV dan film tanpa batas.

Netflix
kewajiban konten netflix
Kewajiban konten Netflix

Kewajiban konten disebabkan oleh tingginya biaya pembelian konten dari pihak ketiga serta komisioning konten untuk Netflix asli. Kebutuhan untuk terus memperbarui konten untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah faktor kunci dalam model bisnis Netflix.

Metrik Pelanggan Netflix

metrik pelanggan netflix ARPUS, CAC, LTV, dan lainnya.
Model Bisnis Netflix – Metrik Pelanggan

Seperti semua model bisnis berlangganan, memahami pendorong keuangan utama sangat penting untuk kesuksesan.

Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) Netflix dan Nilai Seumur Hidup Pelanggan (CLV)

Langkah-langkah utama yang mendorong keuntungan dari model bisnis Netflix dan model berlangganan lainnya adalah:

Hari ini, kita akan melihat sejumlah metrik yang digunakan dalam konteks menilai potensi pertumbuhan perusahaan:

  • CAC: Biaya Akuisisi Pelanggan.
  • CLV (atau LTV ): Nilai Seumur Hidup Pelanggan.
  • ARPU: Pendapatan Rata-Rata per Pengguna
  • Tingkat churn .

Langkah-langkah ini kemudian dapat digunakan untuk metrik lebih lanjut seperti rasio akuisisi pelanggan (CAC) dengan nilai seumur hidup. Dengan kata lain, berapa banyak nilai yang diperoleh dari pelanggan selama mereka berlangganan.

Biaya Akuisisi Netflix (CAC)

Pada tahun 2019, Netflix melaporkan bahwa ada keuntungan bersih pada pelanggan sebesar 27.831 pelanggan untuk layanan streaming mereka.

Perhitungan CAC = Semua biaya yang terkait dengan perolehan pelanggan baru/jumlah pelanggan baru.

CAC yang disederhanakan = biaya pemasaran / jumlah pelanggan baru.

Untuk 2019: Biaya pemasaran = $2,65 Miliar oleh karena itu CAC = $2,65 Miliar/ 27,831 juta = $95,30.

Namun, ini tidak memperhitungkan churn. Untuk menambahkan bahwa banyak pengguna Netflix juga perlu menebus kerugian melalui churn.

Dengan asumsi tingkat churn Netflix adalah 9,8% maka CAC sebenarnya lebih rendah = Pengguna tambahan kotor = 30,56 juta.

Ini menghasilkan CAC sebesar $86,80 .

Nilai Seumur Hidup Pelanggan Netflix

Pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) hanyalah pendapatan total / jumlah pengguna.

Untuk 2019: ARPU = $19.859Bn (streaming saja)/167 juta pengguna = $120.63 (perhatikan ini per tahun). Per bulan ini akan menjadi $120,63/12 = $10,05.

Jika Netflix menghabiskan rata-rata $86 untuk mendapatkan pelanggan, kami ingin tahu kapan biaya itu dipulihkan dan berapa lama pelanggan tetap untuk memastikan keuntungan. Pertama-tama, kita perlu mengetahui laba kotor per pengguna.

Laba kotor per pengguna = pendapatan per pengguna – biaya pendapatan per pengguna .

Perhitungan terakhir adalah LTV = Gross profit per user / churn rate .

Untuk tabel di bawah ini saya mengasumsikan tingkat churn sebesar 9,8% (Netflix tidak mengungkapkan tingkat churn).

Metrik Angka 2019
ARPU (tahunan) $120,63
Biaya Pendapatan Per Pengguna $74,45
Laba Kotor Per Pengguna $46,18
Tingkat Churn 9.8%
LTV $471,23
Metrik pelanggan utama untuk Netflix

Perlu dicatat bahwa beberapa analis menempatkan tingkat churn jauh lebih tinggi dari 9,8% dan mendekati 20%. Itu secara substansial akan mengubah dinamika persamaan di atas dan secara efektif setengah dari nilai seumur hidup pelanggan.

roda gila netflix
Model Bisnis Netflix – Roda Gila Netflix

Arus Kas Netflix

Rencana kami adalah untuk terus meningkatkan FCF setiap tahun dan bergerak perlahan menuju FCF yang positif. Untuk tahun 2020, saat ini kami memperkirakan FCF sekitar -$2,5 miliar.

Laporan akhir tahun Netflix – Januari 2020

Sepanjang jalan, kami akan terus menggunakan pasar utang untuk membiayai kebutuhan investasi kami seperti yang kami lakukan di Q4'19, ketika kami mengumpulkan $1,0 miliar 4,875% senior notes dan €1,1 miliar 3,625% senior notes, keduanya jatuh tempo pada tahun 2030.

Netflix menghadapi tekanan yang meningkat untuk mengurangi ketergantungan pada utang untuk mendanai kontennya. Namun pada akhir 2019, Netflix telah meningkatkan utang jangka panjangnya lebih dari $4 miliar.

Meningkatkan Arus Kas

Netflix mengatakan cash burn memuncak tahun lalu dan mengharapkan untuk mencapai arus kas bebas yang positif di masa depan. Selama panggilan pendapatan kuartal keempat, CEO Netflix Reed Hastings mengatakan arus kas positif tidak akan datang dari pengurangan pengeluaran untuk konten, melainkan dari peningkatan pendapatan dan pendapatan operasional.

Ekspansi Internasional Netflix

Segmen internasional telah menjadi lebih besar dari pasar AS/Kanada. Faktanya, pada tahun 2019 streaming internasional menyumbang pendapatan $9,8 miliar.

Pada Q4, kami meluncurkan paket khusus seluler di Malaysia dan Indonesia (yang kami perkenalkan ke India pada Q3 tahun lalu). Kami telah melihat hasil yang serupa dengan rencana ini yang mendorong pertumbuhan pelanggan tambahan dan meningkatkan retensi.

Laporan akhir tahun Netflix – Januari 2020

Namun, untuk mempertahankan momentum dan mencapai tujuannya, Netflix harus mengatasi masalah baru-baru ini di pasar masa depan terbesar – India.

Netflix India

Pasar video streaming India akan berkembang lebih dari sepuluh kali lipat dalam beberapa tahun ke depan. Perkiraan BCG menunjukkan bahwa pasar video streaming India, yang terdiri dari penjualan langganan dan iklan, bernilai $500 juta pada tahun 2018.

CEO Reed Hastings mengakui pada 2019 bahwa perusahaan tidak dapat menarik pengguna baru, karena tidak memiliki konten yang kuat di India.

Kami juga senang mengumumkan bahwa kami akan meluncurkan Disney+ di India melalui layanan Hotstar kami pada 29 Maret di awal musim kriket Liga Premier India. Kami akan mengubah citra tingkat langganan VIP dan Premium Hotstar kami yang ada menjadi Disney+ Hotstar. Kami melihat ini sebagai peluang besar untuk menggunakan platform Hotstar yang telah terbukti untuk meluncurkan layanan Disney+ baru di salah satu negara terpadat dan ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia. … kami akan meluncurkan paket dengan Hotstar, paket langsung, artinya Disney+ Hotstar sebagai produk.

CEO Disney Bob Iger

Sementara itu, bisnis Hotstar Disney memimpin pasar video streaming berlangganan India. Hotstar menawarkan 3,0 juta pelanggan berbayar untuk layanan videonya di India, dibandingkan dengan 2,5 juta untuk Amazon Prime Video dan 1,2 juta untuk Netflix .

Pertanyaannya kemudian adalah apakah Netflix perlu memiliki dua cabang untuk pasar Asia-Pasifik – akuisisi pelanggan dan akuisisi layanan streaming video independen.

Berlangganan Netflix di India mulai dari 199 rupee (kira-kira $ 2,80) sebulan untuk paket khusus seluler. Paket ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan konten Netflix di smartphone atau tablet, tetapi hanya dalam definisi standar. Paket dasar, yang memungkinkan pengguna untuk menonton Netflix di laptop dan televisi selain perangkat seluler, berlaku untuk 499 rupee ($ 7) per bulan. Paket berfitur lengkap berharga 799 rupee (lebih dari $ 11) sebulan.

Di sisi lain, langganan Hotstar dapat diperoleh dengan harga 999 rupee (lebih dari $14) setahun, jauh lebih murah daripada paket khusus seluler Netflix. Iger belum mengungkapkan berapa harga bundel Disney+ dan Hotstar di India, tetapi ada banyak ruang bagi mereka untuk mendapatkan harga yang kompetitif.

Beberapa taktik yang digunakan Netflix di India dan secara umum:

  • Netflix telah membuat opsi paket dengan harga lebih rendah untuk pelanggan di India (khusus seluler).
  • Meningkatkan kualitas konten unik lokal.
  • Pekerjakan orang yang tepat – Netflix baru-baru ini mempekerjakan Monika Shergill sebagai kepala program asli India. Pengalaman sebelumnya termasuk peran di Sony (SNE) dan Star India milik Disney.

Kompetisi Netflix

Disney Plus mungkin anak baru di blok itu, tetapi tidak membuang waktu untuk menarik 28,6 juta pelanggan berbayar. Itu angka menurut CEO Bob Iger selama panggilan pendapatan kuartal pertama perusahaan.

Itu mungkin tidak tampak banyak jika dibandingkan dengan 167 juta pelanggan Netflix, tetapi dalam konteksnya, Disney Plus telah ada selama kurang dari tiga bulan, sementara Netflix telah mengalirkan film dan acara TV selama 12 tahun.

Amazon platform raksasa yang memiliki Amazon Prime juga dan berniat untuk memperoleh pangsa pasar.

Bagaimana Platform Streaming Video Berbeda

Perusahaan Netflix Disney Rubah, Langit Youtube HBO
Menawarkan Cerita, konten unik, dan hiburan Blockbuster besar dan pengalaman keluarga Berita dan Olahraga + Hiburan Informasi, pendidikan + hiburan Pertunjukan dan Seri Niche
Model bisnis Berlangganan Berlangganan + roda gila Disney Biaya iklan dan afiliasi Iklan/Langganan Iklan/Langganan

Dengan lebih banyak persaingan di pasar, biaya perolehan pelanggan untuk pasar mapan yang umumnya lebih tinggi daripada pasar berkembang, pasar akan terdorong ke atas. Serangkaian kompetisi yang lebih besar juga cenderung menciptakan tingkat churn yang lebih tinggi untuk Netflix karena pelanggan tergoda untuk menjauh dari platform mereka.

Strategi bisnis Netflix

Tidak ada keraguan bahwa roda tidak akan jatuh dari Netflix dan berada dalam posisi yang kuat. Tidak ada pemain lain di pasar yang memiliki jangkauan atau skala global yang sama. Namun, seperti halnya banyak pasar, bahayanya adalah kehilangan pangsa pasar oleh banyak pemain dan pendatang baru yang potensial.

Meningkatkan Retensi Pelanggan

Untuk melakukan ini, kami mencoba banyak pendekatan; pada tahun 2019 saja, kami melakukan ratusan pengujian produk untuk mencoba meningkatkan pengalaman anggota kami mulai dari mendaftar hingga penagihan dan pembayaran hingga penemuan konten. Sekitar 30% di antaranya menghasilkan peningkatan dalam retensi, keterlibatan, atau pendapatan, naik dari 20% di tahun sebelumnya.

Laporan akhir tahun Netflix – Januari 2020

Mengubah Model Bisnis

Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengembangkan studio animasi di dalam Netflix untuk menghasilkan beragam konten animasi untuk anak-anak, dewasa, dan keluarga. Kami memiliki kreator luar biasa dengan silsilah dari Disney Animation, Pixar, DreamWorks Animation, dan Illumination yang sekarang bekerja di Netflix untuk proyek besar berikutnya.

Apakah Netflix dalam bahaya mencoba menjadi Disney? Langkah ini meningkatkan biaya tetap dan belum memiliki catatan pengiriman. Apakah itu akan meningkatkan konten secara substansial dan cukup untuk menjamin tingkat investasi?

Karena ketakutan ini, Netflix telah sangat menurunkan kinerja pasar selama setahun terakhir, menghasilkan pengembalian 5,3% yang kecil dibandingkan dengan pengembalian 20% dan 27,7% yang masing-masing dihasilkan oleh indeks S&P 500 dan Nasdaq selama periode yang sama.

Ringkasan Model Bisnis Netflix

Akar keuntungan besar perusahaan atas kompetisi streaming adalah skalanya. 167 juta pelanggan global Netflix dikirimkan dengan tingkat berjalan tahunan sekitar $ 22 miliar per tahun. Itu telah memungkinkan Netflix untuk berinvestasi besar-besaran dalam konten tahun lalu, dengan lebih banyak lagi yang diharapkan untuk diinvestasikan tahun ini.

Namun beberapa poin peringatan:

  • Biaya akuisisi per pelanggan naik.
  • Netflix perlu mengatasi arus kas negatif senilai $3 miliar.
  • Meningkatkan kualitas konten – secara konsisten.
  • Memiliki strategi yang jelas untuk menang di pasar berkembang terbesar dan mengamankan pasar Asia Pasifik.

Ekspansi internasional menelan biaya miliaran dolar Netflix dan ini perlu berlanjut karena pertumbuhan pasar AS melambat dan persaingan semakin ketat.