Jangan Tebak, Ukur: 7 Metrik Pemasaran Email Paling Penting
Diterbitkan: 2023-04-26Sebagai seseorang yang mungkin telah mengirim atau menerima email yang tak terhitung jumlahnya baik dalam pengaturan pribadi maupun profesional, Anda tahu bahwa tidak semua diciptakan sama. Beberapa menonjol, bahkan ketika tentang topik yang tidak terlalu kami minati.
Apa yang membuat Anda mengklik terbuka? Anda dapat mengkredit judul clickbait atau menganggapnya sebagai kebetulan, tetapi pemasar berpengalaman tahu bahwa hampir tidak pernah terjadi — "rahasianya" adalah bahwa email ini telah terus diuji dan ditingkatkan berdasarkan metrik pemasaran email utama.
Untungnya, siapa pun dapat mempelajari cara mengidentifikasi area untuk perbaikan dan mengoptimalkan email mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik. Yang Anda butuhkan hanyalah pemahaman yang baik tentang metrik email apa yang penting untuk dilacak dan diukur.
Inilah yang direkomendasikan oleh pakar pemasaran email kami, dengan beberapa kiat praktis untuk kampanye Anda berikutnya.
Pertama dan Terpenting: Tetapkan Baseline
Sebelum kita mendalami, akan lalai jika kita tidak menekankan pentingnya menetapkan titik referensi sebelum mengukur dan meningkatkan kampanye email Anda. Misalnya, rata-rata open rate untuk email hanya 21,5%.
Hal ini memastikan pengukuran yang akurat atas upaya Anda dengan membandingkan performa kampanye Anda dibandingkan dengan upaya sebelumnya. Ini juga membantu Anda mengidentifikasi tren dan pola kinerja dan apakah Anda mengalami kemajuan menuju sasaran Anda.
Pada saat yang sama, berhati-hatilah untuk menetapkan tujuan yang masuk akal. Yang tidak realistis dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang salah arah dalam upaya mencapai target Anda dengan cepat.
Misalnya, berfokus murni pada keuntungan jangka pendek dapat menyebabkan Anda mengabaikan aspek penting lainnya, seperti mempertahankan suara merek yang konsisten, memberikan konten yang berharga kepada pelanggan, dan membina hubungan jangka panjang dengan mereka.
Kesuksesan jangka panjang membutuhkan komitmen yang terukur dan konsisten untuk meningkatkan semua metrik pemasaran email terpenting Anda.
Sekarang, mari kita masuk ke dalamnya.
Daftar isi
1. Tarif Terbuka
Tingkat buka email adalah metrik yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran email Anda. Namun, perlu diketahui bahwa setelah pembaruan Privasi Apple, pernyataan tarif terbuka yang berlebihan telah diamati di akun yang mayoritas adalah pengguna Apple. Untuk mendapatkan tarif terbuka yang lebih akurat, metode yang berbeda harus digunakan. Ini masih merupakan indikator yang bagus untuk kemampuan pengiriman Anda.
Perangkat lunak pemasaran email Anda harus menghitungnya untuk Anda, tetapi inilah rumusnya:
Jumlah email dibuka / Jumlah email terkirim X 100
Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat buka email Anda meliputi:
- Kualitas baris subjek dan preheader Anda
- Waktu dan hari dalam seminggu Anda mengirim email Anda
- Frekuensi email Anda
Pengujian A/B adalah cara yang efektif untuk mengetahui baris subjek, preheader, dan waktu kirim yang berkinerja terbaik di antara audiens Anda. Perusahaan yang melakukan pengujian A/B cenderung melihat ROI 37% lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan pengujian. Coba segmentasikan daftar email Anda dan kirim konten yang ditargetkan dan relevan ke grup tertentu untuk mendapatkan data yang lebih akurat.
Tingkat terbuka di seluruh dunia untuk email pemasaran adalah 18%, jadi jangan berkecil hati dengan angka yang rendah. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa tarif terbuka Anda mungkin tidak secara akurat mencerminkan keefektifan kampanye Anda karena beberapa alasan:
- Pemblokiran gambar : Email hanya dihitung sebagai "dibuka" jika penerima juga menerima gambar. Banyak orang memblokir gambar secara default, jadi tingkat pembukaan Anda mungkin lebih rendah dari angka sebenarnya. Juga, perlu diingat bahwa bot yang dibuka dari pembaruan Privasi Apple dapat meningkatkan angka ini karena gambar akan dimuat sebelumnya.
- Teks pratinjau : Beberapa pelanggan melihat cuplikan teks pratinjau selain baris subjek, yang dapat memengaruhi mereka untuk membuka email Anda atau tidak. Teks pratinjau yang lemah dapat menyebabkan tingkat pembukaan yang rendah meskipun baris subjeknya menawan.
- Panel pratinjau : Banyak aplikasi email menampilkan konten email di panel pratinjau. Dalam hal ini, email Anda secara teknis dibuka tetapi pelanggan mungkin belum membaca seluruh email.
Sementara faktor-faktor ini harus dipertimbangkan, tarif terbuka masih menjadi beberapa metrik pemasaran email yang paling penting bila digunakan bersamaan dengan data lain.
2. Rasio Klik-Tayang (RKT)
RKT tinggi menunjukkan bahwa konten email Anda beresonansi dengan pelanggan Anda dan memotivasi mereka untuk mengambil tindakan, baik itu mengunjungi situs web Anda, membaca artikel, atau melakukan pembelian.
RKT rendah, di sisi lain, menyarankan konten email Anda perlu ditingkatkan.
Jika Anda kesulitan dengan CTR rendah, pertimbangkan kejelasan dan penempatan ajakan bertindak (CTA), relevansi dan nilai konten Anda dengan audiens target Anda, atau bahkan keseluruhan desain dan tata letak email Anda.
Berikut ini beberapa kiat utama:
- Gunakan bahasa yang jelas dan berorientasi pada tindakan dalam CTA Anda yang mengomunikasikan dengan jelas apa yang diharapkan pelanggan setelah mengklik.
- Pastikan CTA Anda ditempatkan dengan jelas dan mudah ditemukan di dalam email Anda.
- Personalisasi konten email Anda agar lebih relevan dan berharga bagi pelanggan Anda.
- Gunakan baris subjek yang jelas dan ringkas yang mencerminkan isi email Anda secara akurat.
Seperti metrik email yang paling penting untuk dilacak, uji variasi email yang berbeda setiap kali Anda melakukan perubahan di atas untuk melihat apa yang paling sesuai dengan pelanggan Anda.
3. Tingkat Konversi
Pada akhirnya, tujuan dari setiap kampanye email adalah untuk mendorong tindakan yang diinginkan, jadi sudah jelas bahwa ini adalah salah satu metrik pemasaran email yang paling penting untuk diukur.
Baik itu melakukan pembelian, mengisi formulir, atau mengunduh sumber daya, tingkat konversi yang tinggi atau rendah merupakan indikator yang baik untuk keefektifan konten email Anda.
Anda harus melacak berapa banyak penerima yang melakukan tindakan yang diinginkan setelah mengklik dari email Anda untuk mengukur metrik ini.
Misalnya, jika sasaran Anda adalah mendorong penjualan, lacak berapa banyak pelanggan yang melakukan pembelian di situs web Anda setelah mengeklik tautan di email Anda. Bagilah angka ini dengan total klik pada CTA email Anda, lalu kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.
Ada berbagai strategi untuk meningkatkan tingkat konversi Anda seperti CTA yang jelas dan menarik serta mempersonalisasi konten email Anda. Namun, tidak ada yang mengalahkan memberikan nilai dan manfaat yang tidak dapat ditolak audiens Anda, jadi pastikan konten email Anda berbicara langsung dengan kebutuhan dan masalah mereka.
4. Biaya Per Konversi
Mengubah prospek mungkin merupakan hasil positif dari kampanye pemasaran email, tetapi apakah itu sesuai dengan anggaran pemasaran Anda?
Di sinilah biaya per akuisisi (BPA) berperan.
Metrik ini memperhitungkan total biaya menjalankan kampanye, termasuk perangkat lunak pemasaran email, pembuatan konten, desain, dan biaya tambahan apa pun, dan membaginya dengan jumlah konversi yang dihasilkan.
Jika Anda membelanjakan $1.000 untuk kampanye email yang menghasilkan 50 konversi, CPA-nya adalah $20 ($1.000 / 50 konversi = $20). Artinya, Anda dikenakan biaya $20 untuk memperoleh setiap konversi melalui kampanye.
Mengetahui biaya pasti untuk memperoleh pelanggan membantu pemasar membuat keputusan berdasarkan data tentang cara membelanjakan sumber daya mereka. Selain itu, ini adalah cara yang bagus untuk mengukur apakah perusahaan memenuhi tujuan bisnis, karena CPA dapat dibandingkan dengan target internal yang ditetapkan terhadap anggaran perusahaan dan tolok ukur industri.
5. Tingkat Pentalan
Email terpental karena berbagai alasan, termasuk alamat email tidak valid atau tidak aktif, kotak surat penuh, atau bahkan filter email yang menandai pesan Anda sebagai spam. Ini adalah metrik pemasaran email utama untuk diukur karena memberi tahu Anda apakah Anda perlu meningkatkan kualitas daftar email Anda untuk kampanye yang efektif.
Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengurangi tingkat bouncing email Anda:
- Bersihkan daftar email Anda secara teratur dan hapus semua alamat email yang tidak lagi aktif atau pernah terpental di masa lalu.
- Segmentasikan daftar email Anda berdasarkan faktor-faktor seperti lokasi, minat, dan perilaku sebelumnya, sehingga Anda dapat menyesuaikan pesan untuk grup pelanggan tertentu.
- Hindari mengirim email terlalu sering karena dapat membuat pelanggan kewalahan dan membuat mereka menandai pesan Anda sebagai spam.
- Gunakan penyedia layanan email terkemuka yang juga dapat memberi Anda alat untuk mengelola daftar email dan mengelompokkan pelanggan Anda.
- Hindari kata pemicu spam “gratis”, “beli sekarang”, dan “penawaran waktu terbatas” di konten email Anda.
- Dapatkan izin audiens Anda untuk mengirimi mereka email.
Jika menurut Anda rasio pentalan email Anda bukan metrik email yang penting untuk diukur, pertimbangkan bahwa rasio pentalan yang tinggi dapat berdampak negatif pada reputasi pengirim Anda di alamat domain seperti Gmail, Yahoo!, atau Hotmail.
6. Tingkat Berhenti Berlangganan
Ini benar-benar melemahkan semangat ketika orang berhenti berlangganan setelah Anda mengirimkan email yang telah Anda kerjakan dengan keras, tetapi hikmahnya adalah bahwa ini adalah 'review' yang kuat dari kampanye Anda.
Tarif berhenti berlangganan memberikan wawasan tentang keefektifan konten, frekuensi, atau penargetan email Anda. Orang tersebut dapat berhenti berlangganan karena mereka menerima konten yang tidak relevan atau berkualitas rendah, terlalu banyak email, atau mereka tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda. Inilah sebabnya mengapa ini adalah salah satu metrik pemasaran email yang paling penting untuk dilacak.
Untuk mengurangi tingkat berhenti berlangganan Anda, pertimbangkan tips berikut:
- Tawarkan opsi penyisihan : Daripada berhenti berlangganan sama sekali, beberapa pelanggan mungkin lebih suka menerima lebih sedikit email atau jenis konten yang berbeda.
- Tetapkan harapan untuk frekuensi email: Bersikaplah transparan tentang seberapa sering Anda akan mengirim email ke pelanggan Anda dan patuhi jadwal Anda.
- Berikan konten yang berharga : Pastikan konten email Anda relevan, informatif, dan berharga bagi pelanggan Anda. Ingatlah untuk menyegmentasikan daftar Anda untuk penargetan yang lebih baik.
- Permudah untuk berhenti berlangganan : Sertakan tautan berhenti berlangganan yang terlihat dan langsung di email Anda.
7. Pengembalian Investasi (ROI)
Ini serupa dengan biaya per konversi, hanya saja ini mengukur laba finansial yang dihasilkan oleh kampanye email relatif terhadap biayanya.
Menghitung ROI kampanye email Anda menentukan apakah pemasaran email Anda menghasilkan keuntungan atau kerugian, dan ROI dipengaruhi oleh semua faktor seperti kualitas daftar email Anda, relevansi dan efektivitas konten email Anda, serta penargetan dan segmentasi kampanye email Anda. Pada dasarnya, semua metrik pemasaran email terpenting yang disebutkan di atas.
Pada akhirnya, kampanye email yang paling dipikirkan dengan matang pun tidak akan efektif jika tidak memiliki ROI yang memuaskan untuk bisnis Anda.
Mari Bantu Anda Mengoptimalkan Kesuksesan
Jika Anda ingin meningkatkan kampanye pemasaran email dan melihat hasil nyata, para ahli di Coalition Technologies berspesialisasi dalam membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran email mereka melalui strategi dan teknik berbasis data.
Lihat bagaimana kami meningkatkan tarif buka email sebesar 101% dan rasio klik-tayang sebesar 90% untuk Pompeii3, merek e-niaga di industri perhiasan.
Hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat meningkatkan keuntungan Anda.